Top Ad unit 728 × 90

Agar Kesuksesan Bisnis, Temukan Asesmen dari Pelanggan Melalui Jalan Ini


Perjalanan bisnis tidak akan sempurna jika tidak ada masukan dari pelanggan. Hal ini tentu sangat wajar karena pelanggan merupakan kunci untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan suatu bisnis.

Tanpa pelanggan, perusahaan akan bangkrut karena tidak ada yang membeli barang yang diproduksi perusahaan.

Agar bisnis yang dimiliki tumbuh dengan cepat, seorang pengusaha perlu mengetahui sejauh mana bisnis tersebut mampu melayani pelanggan. Dengan penilaian pelanggan, perusahaan menyadari tingkat kepuasan pelanggan selama ini khususnya bisnis rumahan posko koni.

Untuk mendapatkan penilaian dari pelanggan, lakukanlah dengan cara berikut, seperti dikutip dari .

1. Lakukan Survei di Tempat

Banyak pusat pedagang melakukan survei di tempat untuk menilai peringkat pelanggan. Cara menggunakan monitor kecil.

Setelah berbelanja, pelanggan harus mengklik gambar atau emoticon yang ada di layar. Gambar atau emoticon yang mewakili perasaan pelanggan saat berbelanja.

Perusahaan dapat mengumpulkan penilaian ini setiap hari untuk melihat apakah layanan yang diberikan meningkat atau menurun. Jika perusahaan mendapat penilaian yang kurang memuaskan, perusahaan bisa langsung memperbaiki diri.

2. Kirim Konten via E-mail
Cara ini banyak digunakan toko online di indonesia. Setelah barang tersebut sampai di tangan pelanggan, perusahaan akan mengirimkan konten ke e-mail. Isi biasanya berisi tentang layanan, kesesuaian barang yang dibeli, dan kualitas barangnya.

Pengiriman konten via e-mail bisa dilakukan beberapa hari setelah barang tersebut sampai ke tangan konsumen. Hindari meminta penghakiman saat barang belum sampai karena sikap ini tidak sopan dan bisa merusak citra bisnis.

3. Manfaatkan fitur Live Chat

Seperti kita ketahui, fitur live chat disediakan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Pengusaha online skala besar biasanya memanfaatkan fitur live chat seperti ini untuk lebih dekat dengan pelanggan. Fitur ini juga membantu menjawab semua pertanyaan pelanggan tentang item yang dijual perusahaan.

Fitur live chat sangat efisien dibanding fitur lainnya. Namun, perusahaan harus cepat menjawab pertanyaan dari konsumen. Jika perusahaan membiarkan pelanggan menunggu terlalu lama, peringkat tersebut tidak sesuai dengan harapan.

4. Penilaian Melalui Media Sosial
Pengusaha online biasanya menggunakan media sosial untuk mempromosikan barang dagangan mereka. Selain itu, pebisnis juga bisa memanfaatkan situs berbasis media sosial atau aplikasi untuk mendapatkan penilaian dari pelanggan. Adanya media sosial membuat pelanggan lebih leluasa untuk berkometar layanan terkait yang diberikan oleh perusahaan.

Peringkat pelanggan yang buruk akan ditampilkan di media sosial. Jika perusahaan mendapat rating buruk, citra perusahaan akan buruk di mata konsumen. Oleh karena itu, obati pelanggan sebaik mungkin. Tidak hanya dari sisi layanan, namun dari segi kualitas produk dipasarkan.

5. Berikan Komentar Kotak

Ketersediaan kotak komentar membantu pelanggan mengekspresikan hati mereka mengenai layanan dan kualitas produk yang dijual.

Kotak komentar bisa diisi kapan dan dimana saja. Kotak komentar memiliki keunikan dimana setiap pelanggan bisa berkomentar sebanyak yang dia mau.

Pembeli lain dapat mengakses semua komentar dari pelanggan hanya dengan menggulir ke atas atau menggulir ke bawah yang dapat digunakan sebagai pertimbangan sebelum membeli item sesuai dengan bisnis rumahan posko koni.
Agar Kesuksesan Bisnis, Temukan Asesmen dari Pelanggan Melalui Jalan Ini Reviewed by gordon on 22.47 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.