Top Ad unit 728 × 90

Hidup di Belanda, ini susah dan senang yang bakal kamu hadapi


hidup di belanda - thesagescontemplations.blogspot.com

Hidup merantau, apalagi di luar negeri jelas tak akan sama dengan yang dirasakan di kampung sendiri. Kali ini bahasan mengenai hidup di Negeri Kincir Angin, Belanda. Buat kamu yang nantinya berkesempatan melanjutkan pendidikan, pekerjaan ataupun menemani keluarga kesini, bersiaplah!
Sebagai sesama orang Indonesia, kamu mungkin akan mengalami 10 hal enak dan tidak enak yang bikin hidupmu susah senang di Belanda, seperti yang diungkap Aaqq ini:
5 hal yang membuat enak hidup di belanda
  1. sistem transportasi.
Bersepeda selain menyenangkan ternyata juga menyehatkan. Mode transportasi ini pun menjadi yang terbaik untuk jarak tidak terlalu jauh. Untuk jarak jauh, mereka punya bus dan kereta dengan pengaturan waktu berangkat dan tiba bus dan kereta yang baik, hidup menjadi dipermudah.
  1. internet.
Kebebasan berselancar di internet yang menakjubkan, download dan keluar masuk situs belum lagi akses ke ribuan jurnal di jaringan kampus membuat kita mudah mendapatkan tulisan-tulisan bermutu dari para akademisi di seluruh dunia. Kecepatan yang sangat tinggi, saya bahkan tidak sadar bahwa download file sebesar ratusan megabyte hanya berlangsung dalam hitungan menit, bahkan detik.
  1. café
Belanda memiliki banyak cafe dan bar yang menjamur. hampir di setiap kota, di pojokan sebuah tempat kita bisa menemuinya. Selama minuman di gelas kita belum habis, kita bisa nongkrong sepuasnya di sana. eksterior dan interiornya pun sangat menakjubkan. Ngafe karena butuh tempat untuk ngobrol, pengen santai dan bukan karena pengen terlihat gaya.
  1. bahasa.
Untuk bisa bertahan hidup di belanda ternyata tidak dipersulit dengan masalah bahasa. walaupun mereka memiliki bahasa nasional tersendiri, hampir di setiap pojokan manapun mereka masih mau berbahasa inggris. sehingga kita tidak perlu takut ataupun ragu.
  1. tinggal di belanda berarti tinggal di eropa.
Dengan visa schengen yang kita miliki, kita bisa dengan mudah keluar masuk ke beberapa negara tetangganya, seperti jerman, prancis, itali, denmark, spanyol dan masih banyak lagi. tak perlu visa tambahan dan tak perlu pusing masalah transportasi.  mata uang yang hampir semua sama pun membuat kita tidak perlu pusing-pusing mencari money changer di tiap negara tersebut.
5 hal yang membuat tidak enak untuk hidup di belanda
  1. makanan.
Saya tidak bisa menemukan makanan asli belanda yang sangat enak, kecuali patat alias ketang goring, tambahan mayonaisse yang membuatnya berbeda dengan kentang goreng di negara lain. Lainnya adalah stampot, olahan kentang. Ada juga makanan lain, seperti  timur tengah, makanan cina, mexico, italia, yunani dan termasuk indonesia. harganya? selangit. alhasil saya terpacu untuk bisa memasak masakan Indonesia.
  1. cuaca.
Jangan keluar rumah sebelum anda melihat prakiraan cuaca yang kadang tak sesuai. Itu membuat saya menjadi terbiasa untuk membawa beberapa perlengkapan perang seperti jas hujan, sarung tangan, kupluk dan kaca mata hitam buat jaga-jaga.
  1. rumah.
Mencari sewaan ternyata sangat sulit sekali disini. jika anda mendaftar pada beberapa makelar resmi, maka jangan harap anda akan mendapatkan langsung rumah yang anda inginkan. anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan nomor tunggu yang panjang. Selain dari itu? ada alternatif untuk menyewa secara ilegal ataupun mendapatkan kamar dengan peralatan lengkap dan harga yang cukup lumayan tinggi.
  1. birokrasi.
Birokrasi yang  memusingkan, rumah tadi salah satunya, juga beberapa aturan lain seperti imigrasi, pajak, asuransi dan lain-lain. kadang dengan kerumitan seperti itu saya ternyata merindukan birokrasi Indonesia.
  1. standar hidup yang tinggi.
Seperti halnya negara-negara maju lainnya, belanda memiliki standar hidup yang lumayan tinggi dibandingkan negara berkembang.Memang jika dibandingkan dengan negara-negara eropa lain, beberapa harga produk di belanda ternyata masih lebih murah, namun tetap lebih tinggi dibandingkan dengan negara kita.
Jadi.. masih berpikir untuk hidup di luar negeri, khususnya belanda? Siap-siap dari sekarang deh ya! *(Nii -sumber: www.aaqq.net )
Hidup di Belanda, ini susah dan senang yang bakal kamu hadapi Reviewed by gordon on 02.41 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.