Top Ad unit 728 × 90

Wisata Belanja Kerajinan dan Fashion Berkualitas di Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya mempunyai banyak hasil kerajinan dengan bermacam bentuk dan rupa,hingga membutuhkan ribuan tenaga kerja dalam pengerjaannya. Karena banyaknya UKM yang bersaing dan tersebar di daerah kota ini, Tasikmalaya juga disebut sebagai Kota UKM. Kerajinan khas yang berasal dari Tasikmalaya yaitu Bordir Tasikmalaya yang mendunia, Payung Geulis sebagai ikon dari Jawa Barat, Kerajinan kelom Geulis, sandal tradisional asli buatan Indonesia, dan Batik Tasikmalaya juga tak kalah dari batik yang lain produk Jawa dengan ciri khasnya sendiri, yang menghasilkan fashion berkualitas dan masih banyak kerajinan-kerajinan lainnya yang ada di Tasikmalaya. Berikut ini wisata belanja kerajinan dan fashion berkualitas di tasikmalaya.

6 Tempat Belanja Kerajinan Dan Fashion Di Tasikmalaya

Sentra Kerajinan Batik Tasikmalaya

Sentra kerajinan batik (sentra-batik) Tasikmalaya terdapat di Lampung Ciroyom, Kel. Nagarasari Kec. Cipedes Kota Tasikmalaya. Menuju ke kampung batik ini sangat mudah. Letaknya yang dekat dari pusat kota, juga arah penunjuk ditemukan dengan mudah. Begitupun bila bertanya kepada tukang becak atau atau siapa saja biasanya mereka sudah pada tahu. Di Lokasi ini, tersedia gerai-gerai Batik Tasik, mulai dari harga termurah puluhan ribu rupiah hingga kisaran jutaan rupiah per potongnya.

Sentra Kerajinan Batik Di Tasikmalaya

Tak hanya itu, pengunjungpun mampu menyaksikan eksklusif proses pembuatan batiknya mulai awal hingga akhir. Mulai dari bentuk kain belum diwarnai hingga proses pencucian dan melukis kain yang dilakukan para perajin yang telaten. Rata-rata showroom ini didesain seakrab mungkin dengan pengunjung. Bentuknya menyerupai rumah biasa saja dengan etalase ala kadarnya. Pengunjung dapat memilih aneka macam jenis kain batik sambil lesehan serta ngobrol ngalor ngidul.
Salas satu showroom batik yaitu Rumah Batik Agnesa dan Batik Deden. Keduanya beralamat di Kampung Ciroyom Kecamatan Cipedes. Para tamu dari luar negeri oleh para biro travel sering diajak ke gerai ini.

Kerajinan Payung Geulis

Berikutnya, wisata belanja kerajinan dan fashion berkualitas di Tasikmalaya yang lainnya yaitu kerajinan payung geulis. Produk kerajinan tasikmalaya terkenal hingga menjadi ikon kota souvenir di Jawa Barat. Salah satunya produk kerajinan rakyat yang menjadi khas Tasikmalaya yaitu payung geulis yang dimulai semenjak masa penjajahan Belanda pada tahun 1926. Kerajinan ini berada di Indihiang, Cihideung. Kerajinan ini dipakai untuk melengkapai aksesoris noni Belanda. Payung yang berbahan kertas dan kain hias nan indah ini bertahan hingga masa kejayaan masa 1955-1958. Namun ternyata bahkan hingga kini pun payung geulis banyak peminatnya terutama kalangan wisatawan.

Kerajinan Payung Geulis

Selain payung geulis juga ada kerajinan kelom geulis yang biasa dipakai program hajatan atau program resmi. Kelom geulis ini terbuat dari kayu Mahoni. Pembuatannya tanpa sumbangan mesin, hanya menggunakan tangan dengan diberi hiasan pada kelom yang umumnya berbentuk motif bunga. Kerajinan kelom geulis tasikmalaya ini lokasinya di desa setiamulya, Mulyasari, Kersanegara.

Kerajinan Boneka kayu Tasikmalaya

Berbagai macam boneka kayu lucu di hasilkan di Jalan Leuwi Anyar, sebagai produk kerajinan mulai dari boneka berbentuk buah-buahan, sayuran, ondel-ondel serta boneka Jepang dihasilkan oleh pengrajin yang terkenal di tasikmalaya. Berbagai jenis pajangan, pot tanaman kaktus dari kayu jati, serta bermacam produk-produk souvenir yang dibuat dengan memproses kayu gelondongan, pemotongan dan penghalusan serta pengukiran kayu. Kisaran harga boneka kayu di sini antara Rp 20.000 hingga Rp. 200.000. Untuk materi dasarnya, pengrajin menggunakan kayu yang memang sudah tak terpakai atau dapat dikatakan sebagai produk daur ulang limbah kayu.

Kerajinan boneka kayu Tasikmalaya

Produk hasil kerajinan tempat ini bukan hanya diminati pasar lokal, namun juga meraih perhatian pasar internasional menyerupai Eropa, Australia dan aneka macam negara di Asia. Untuk bersaing di tingkat ini, memang pengrajin harus memenuhi standar menyerupai inovasi, serta turut mengikuti animo yang ada.

Kerajinan Bordir di Kec. Kawalu

Tepatnya berlokasi di Kampung Saguling, hampir semua rumah di tempat ini memproduksi bordir. Mulai mesin manual (kejek) hingga mesin canggih berteknologi komputer. Menuju Kec. Kawalu dari pusat Kota Tasikmalaya, bila dengan kendaraan pribadi sekitar setengah jam. Kendaraan umum pun sangat banyak memperlihatkan jasanya.

Kerajinan Bordir di Kec. Kawalu

Di perjalanan, terlihat geliat aktifitas perjuangan bordir  di rumah-rumah terbuka, terlihat mesin-mesin besar tengah beroperasi. Mobil-mobil box bongkar muat barang terlihat mengangkut produk yang biasanya dikirim ke Tanah Abang, Solo juga Surabaya serta diekspor ke luar negeri menyerupai ke Malaysia, Arab, Jeddah dan Dubai.
Salah satu gerai produk bordir yang dapat dikunjungi yaitu Rumah Mode Muslim Al-Amiin, di Kampung Cukang - Tanjung Kawalu. Di showroom ini, banyak memajang produk bordir hasil mesin manual dari pada mesin,  mulai kerudung, kebaya, mukena dan baju muslim dengan harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah per potongnya.

Kerajinan Alas Kaki Di Kec. Tamansari (Gobras)

Kecamatan Tamansari sudah semenjak lama jadi pusat pengrajin ganjal kaki. Dari pusat inilah, kelom geulis dihasilkan. Kelom Geulis merupakan sandal khas Tasikmalaya terbuat dari kayu dengan motif dan model tertentu.


Untuk menuju pusat ganjal kaki ini, dari pusat Kota Tasikmalaya HZ Mustofa sekitar tiga kilometer. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor atau mobil. Namun mampu juga menggunakan angkot jalur 010 dari Jalan KHZ Mustofa-Padayungan. Namun sayangnya,  angkutan masih sedikit hingga perjalanan sedikit akan lambat.
Kini banyak produsen kerajinan ganjal kaki Kelom Geulis semakin kreatif saja. Para pengrajin memadukan antara lukisan batik dan bordir pada motif sandalnya. Bahkan juga ada desain tas ganjal sepatu. Yakni tas berbentuk  kelom geulis dengan paduan antara motif bordir dan batik. Gerai yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, antara lain Gerai Kelom Geulis di Jalan Tamansari (Gobras) Kec. Tamansari Kota Tasikmalaya.

Produsen Busana dan Fashion

Terakhir, ulasan wisata belanja kerajinan dan fashion berkualitas di Tasikmalaya yang lainnya yaitu tempat berbelanja fashion berkualitas. Ke Tasikmalaya, rasanya tak lengkap kalau belum belanja fashion baik itu mukena, koko, gamis, jilbab, aneka macam busana dan kerudung dan masih banyak lagi yang tentu semuanya berhiaskan motif bordiran khas Tasikmalaya. Semua Oleh-oleh tersebut dapat dibeli eksklusif dari produsen di Tasikmalaya, yang so pasti dengan harga yang relatif dibawah harga toko. Lumayan di sini berbelanja jadi irit karna kemiringan harganya.

Produsen Busana Dan Fashion

Di Tasikmalaya, pasar tradisional pun banyak terdapat toko-toko pakaian yang menyediakan busana muslim,diantaranya pasar cikurubuk, pasar tradisional pancasila, pasar terminal padayungan, pasar terminal Indihiang / Terminal Yang Baru.
Di pasar-pasar tersebut puluhan toko bordir baju, serta grosir pakaian muslim khas Tasik menjual dan mendapatkan pembelian grosir bordir dan motif khas kawalu Tasikmalaya. Tak hanya sebatas mukena dan baju koko saja, yang lain menyerupai kebaya, baju kurung, selendang, bahkan juga pernak pernik indah khas Tasik, menyerupai taplak meja, tutup galon dan ganjal gelas masuk ke beberapa toko bordir baju di tempat itu.
Demikian uraian aneka macam pilihan wisata belanja kerajinan dan fashion berkualitas di Tasikmalaya. Jika berkunjung ke kota ini, sempatkan mampir ke tempat-tempat berbelanja tersebut untuk sebuah pengalamaan belanja yang tidak ditemukan di aneka macam daerah lain.

Wisata Belanja Kerajinan dan Fashion Berkualitas di Tasikmalaya Reviewed by gordon on 03.03 Rating: 5

1 komentar:

  1. bingung mencari situs poker online yang berkualitas?
    ini nih saya perkenalkan website bandarq terpercaya yaitu bebasqq
    dengan hanya menggunakan 1 id bisa memainkan 8 permainan sekaligus yaitu :
    -aduq
    -bandarq
    -sakong
    -poker
    -bandarpoker
    -dominoqq
    -bandar66
    -capsa susun

    *minimal deposit 20 ribu
    *minimal withdraw 20 ribu
    *bonus rollingan yang mencapai 0,5%
    *bonus refferal 20%
    *persentasi kemenangan yang sangat tinggi
    *dilayani oleh cs yang baik dan ramah
    *proses deposit dan withdraw dibawah 1 menit.

    untuk nomor wa bisa hubungi : +6285381564626 ya
    agen domino teraman dan terpercaya

    BalasHapus

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.