Top Ad unit 728 × 90

Destinasi Kawah Putih Ciwidey Bandung, Pesona Keindahan Alam yang Mempesona

Abad ke-10 menjadi awal cerita terbentuknya pesona kawah putih Ciwidey. Berawal dari letusan dahsyat Gunung Patuha yang kemudian membentuk kawah di daerah letusannya. Kawasan ini pertama kali ditemukan oleh hebat botani yang berasal dari Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Ketertarikan dan rasa penasarannya lah yang membawanya menemukan kawah putih nan eksotis ini.

Destinasi Kawah Putih Ciwidey

Pesona Kawah Putih Ciwidey

Kawah putih Ciwidey menjadi wisata yang mengangkat nama Ciwidey. Kawah putih ini merupakan danau kaldera yang memiliki pemandangan yang sangat mengagumkan dan mempesona bagi siapa saja penikmat keindahan alam. Kawah mengagumkan yang terkadang mampu berganti warna ini seringkali dijadikan latar belakang pengabadian momen penting menyerupai halnya foto prewedding.
Kawah putih Ciwidey bertempat di Ciwidey sebuah tempat di 50 kilometer ke arah selatan kota Bandung. Dinamakan kawah putih Ciwidey karena tanah di daerah ini berwarna putih disebabkan adanya campuran belerang. Selain itu, air danau di daerah ini berwarna putih kehijauan. Warna air danau di daerah ini dapat berubah-ubah sesuai tingkat sulfur yang sedang dikandungnya, cuaca, dan juga suhu di sekitar kawah putih Ciwidey.

Pesona Kawah Putih Ciwidey

Kawah putih Ciwidey terletak di  areal pegunungan dengan ketinggian 2400 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian yang mencapai angka tersebut, maka dapat diperkirakan suhu di sana sangat dingin, rentang suhu yang ada pada kawah putih Ciwidey ialah 8 derajat Celsius hingga 22 derajat Celsius. Hal ini mengharuskan para pengunjungnya untuk mengenakan pakaian ekstra atau yang bersifat hangat untuk menyesuaikan diri dengan suhu di kawah putih Ciwidey.

Fasilitas Wisata Kawah Putih Ciwidey

Mengingat banyaknya pengunjung yang berdatangan ke kawah putih Ciwidey, karenanya dikembangkanlah daerah ini menjadi sebuah wisata. Pengembangan ini diikuti dengan ditambahkannya banyak sekali akomodasi untuk kenyamanan wisatawan. Fasilitas tersebut antara lain area parkir yang luas, musholla, bahkan jasa transportasi dari gerbang depan hingga menuju areal kawah putih Ciwidey.

Kawah Putih Ciwidey

Tidak lupa juga terdapat sentra isu sebagai panduan bagi wisatawan kalau ingin menerima isu penting mengenai kawah putih Ciwidey, toilet dan restoran atau tempat makan. Wisata kawah putih Ciwidey ini mulai beroperasi semenjak pukul 7.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

Kawah Putih Ciwidey Bandung

Akses Jalan Menuju Kawah Putih Ciwidey

Untuk mempermudah perjalanan anda menuju kawah putih Ciwidey yang beralamatkan di Jalan Raya Soerang Ciwidey kilometer 25. Beberapa opsi rute yang telah disediakan antara lain:
Jika anda pengguna kendaraan pribadi, dari Jakarta anda mampu menggunakan jalur tol Cipularang dan keluar melalui pintu tol Kopo. Setelah itu, anda harus menuju Soerang lalu bergerak ke arah selatan Ciwidey.
Sementara itu, kalau anda menggunakan kendaraan umum anda mampu memanfaatkan jasa angkutan umum dari terminal Leuwi Panjang yang menuju ke terminal Ciwidey. Sesampainya di terminal Ciwidey, anda mampu menaiki angkutan umum yang mengarah ke Situ Patenggang dan turun di depan gerbang wisata kawah putih Ciwidey.

Harga Tiket Masuk Wisata Kawah Putih Ciwidey

Harga tiket masuk wisata kawah putih Ciwidey sangat variatif dalam hal tarif kendaraan. Harga tersebut digolongkan menjadi kriteria tertentu. Sedangkan untuk tiket masuknya baik hari biasa maupun selesai pekan tetap sama dengan harga Rp.15.000 tiap orangnya sedang bagi warga negara abnormal dikenai biaya Rp.50.000 per orangnya.  Sementara untuk tarif kendaraan kalau ingin parkir di atas (di erat kawah) untuk satu mobilnya mencapai 150.000 rupiah, dan untuk satu motor mencapai 35.000 rupiah. Berbeda kalau anda parkir di erat gerbang masuk yang harganya relatif lebih murah.
Tarif jasa transportasi dari gerbang menuju kawah yang biasa disebut Ontang-anting dibandrol Rp.15.000 untuk sekali PP. Sedang tarif parkir untuk kendaraan beroda empat sejumlah Rp.6000, motor Rp.3000, dan Rp. 25.000 untuk bus dan kendaraan roda enam lainnya.
Destinasi Kawah Putih Ciwidey Bandung, Pesona Keindahan Alam yang Mempesona Reviewed by gordon on 19.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.