Top Ad unit 728 × 90

Apapun Profesi dan Pekerjaanmu, dampingi dengan Kemampuan Bahasa Inggris


Perkembangan zaman yang semakin pesat dan semakin banyaknya perusahaan asing yang bercokol di Indonesia, menyebabkan para calon pelamar pekerjaan dituntut untuk mampu berbahasa Inggris dengan baik. Para perusahaan tersebut banyak yang mencari karyawan yang mampu mengikuti ritme dan komunikasi dengan klien yang berkebangsaan bukan WNI. Tak heran bila seleksi ketat saat interview diterapkan oleh beberapa perusahaan ternama.
Menguasai dan fasih berbahasa Inggris merupakan nilai tambah tersendiri bagi anda yang ingin melamar pekerjaan. Mengingat banyaknya warga negara asing yang bekerja di Indonesia, pemahaman lintas budaya menjadi snagat diperlukan. Komunikasi lintas budaya memang sering menjadi kendala ketika antara pembicara dan pendengar memiliki memiliki keterbatasan dalam berbahasa.
Alasan inilah yang menjadi ukuran mengapa kebanyakan perusahaan menolak calon karyawan yang tidak memiliki dasar berbahsa Inggris yang mumpuni. Tentunya komunikasi akan jauh lebih mudah ketika anda mampu berbahasa asing dengan lawan bicara. Itulah pentingnya hubungan bahsa Inggris dan dunia kerja.
Pada saat akan melakukan wawancara, anda akan merasa tidak yakin, tidak percaya diri, bahkan panik. Hal itu merupakan hal yang wajar dirasakan, bahkan bagi yang sudah fasih menguasai bahasa Inggris sekalipun. Untuk menguasai hal tersebut, berikut ada beberapa kiat yang harus dikuasai sebelum melakukan wawancara dalam bahasa Inggris.
Lakukan Penelitian
Cari tahu informasi tentang perusahaan dalam bahasa Inggris. Semakin banyak hal yang diketahui tentang perusahaan tersebut dalam bahasa Inggris, semakin  banyak juga hal yang dapat anda sampaaikan dalam sesi wawancara kerja tersebut.
Tenang
Saat berbicara menggunakan bahasa Inggris dalam keadaan yang tegang dan tidak tenang, hal tersebut dapat membuat bahasa Inggris anda menjadi tidak lancar. Buat diri anda lebih tenang dan nyaman sebelum wawancara dimulai. Sikap tenang dan nyaman akan membantu meningkatkan kepercayaan diri anda. Hal tersebut tentunya akan membuat sikap dan cara bicara anda menjadi natural dalam proses wawancara kerja. Sikap tersebut juga bisa memberikan kesan yang positif terhadap pewawancara.
Bahasa tubuh yang baik
Penguasaan bahasa Inggris itu penting, tetapi bahasa tubuh juga tidak kalah pentingnya. Hal ini akan berpengaruh dalam intonasi atau nada suara anda. Contonya saja, badan yang membungkuk berpengaruh pada suara anda. Hal tersebut akan menggambarkan kurangnya kepercayaan diri dalam diri.
Bahasa tubuh yang ditekankan disini adalah ekspresi wajah dan gerakan tangan yang baik. Ini akan sangat membantu anda ketika menyampaikan ide atau jawaban yang diberikan kepada pewawancara dengan lebih jelas.
Siapkan jawaban anda
Satu lagi tips yang mungkin bisa anda persiapkan jauh-jauh hari sebelum melakukan wawancara, yaitu siapkan jawaban yang akan anda sampaikan kepada pewawancara. Biasanya dalam sesi wawancara banyak pertanyaan-pertanyaan yang bersifat umum yang bisa dipersiapkan beberapa hari sebelum melakukan sesi wawancara.
Cobalah untuk menuliskan apa yang akan anda sampaikan mulai dari sesi perkenalan hingga jawaban-jawaban yang sekiranya akan disampaikan dalam sesi wawancara. Buatlah daftar untuk beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan serta jawaban anda.
Perhatikan kecepatan berbicara
Bahasa Inggris ketika diucapkan oleh penutur aslinya (native speaker) akan memiliki kecepatan yang lebih lambat dibanding dengan bahasa lainnya. Dalam sesi wawancara ini coba sesuaikan dengan tingkat kecepatan penutur aslinya.
Hal ini tidak hanya membuat jawaban anda lebih jelas, tetapi dapat memberikan waktu yang lebih banyak untuk merumuskan sebuah jawaban ketika ingin berbicara.
Berbicara dengan kalimat singkat
Dalam menyampaikan jawaban, ingatlah untuk memberikan jawaban secraa singkat dan jelas, itu akan lebih mempermudah pewawancara mengerti tentang jawaban  yang anda sampaikan.
Jika Ragu, Tanyakan
Jika dalam sesi wawancara ada sesuatu yang tidak dimengerti oleh anda, maka jangan ragu untuk bertanya, sehingga anda dapat benar-benar memahami pertanyaan dari pewawancra dan dapat memberikan jawaban secara tepat.
Apapun Profesi dan Pekerjaanmu, dampingi dengan Kemampuan Bahasa Inggris Reviewed by gordo laizon on 03.14 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.