Top Ad unit 728 × 90

Merantau ke Finlandia? Jangan lewatkan 5 Olahraga Gila Orang Finlandia Yang Mencuri Perhatian Dunia


Musim dingin yang sangat panjang di Finlandia membuat masyarakat Finlandia tak mau melewatkan musim panas begitu saja. Untuk iitulah masyarakat Finlandia menyemarakkan musim panas di sana dengan melakukan beberapa ajang olahraga. Awalnya ajang olahraga tersebut dilakukan karena iseng namun seiring berjalannya waktu menjadi tradisi dan kini menjadi cabang olehraga resmi Finlandia. Cabang olahraga tersebut adalah sebagai berikut;
  1. Eukonkanto (Wife Carrying competition)
eukantoCabang olahraga ini dilakukan setiap musim panas di Sonkajärvi. Permainannya dilakukan oleh seorang  laki-laki yang diharuskan berlari melewati beberapa rintangan sambil menggendong wanita (istri). Olahraga ini terinspirasi dari sebuah legenda di bagian timur negara Finlandia, dimana jaman dahulu kala, penjahat laki-laki suka datang ke desa kecil menculik perempuan untuk dijadikan istri. Biasanya penjahat tersebut membawa perempuan culikan mereka dengan cara menggendong/menunggingkannya di pundak.
Tak harus pasangan suami istri siapapun bisa mendaftar pada cabang olahraga ini. Pemenanganya akan dihadiahi bir seberat berat badan sang wanita yang digendong.
  1. Ilmakitara (Air Guitar Competition)
ilmakitaraPermainan ini dilakukan dengan berpura-pura memainkan sebuah gitar. Mungkin terdengar gila tapi permainan ini sudah mendunia dan dijadikan kejuaraan dunia. Menurut Wikipedia berikut aspek yang dinilai dari permainan ini ;
  1. Technical merit : meskipun hanya pura-pura tapi main gitarnya harus meyakinkan, harus terlihat real, dinilai dari bagaimana teknik bermainnya, termasuk posisi jari-jari saat memegang kord.
  2. Mimesmanship : mimik dan ekspresi yang meyakinkan, bahwa mereka memang sedang sungguh-sungguh main gitar, bukan hanya pura-pura.
  3. Stage presence : kharisma di atas panggung. Be a rock star and rock the audience. Salam tiga jari, pemirsa!
  4. Airness : nilai artistik dari performance yang ditampilkan.

  1. Suojalkapallo (Swamp Soccer)
soujalkalpalloIni adalah sebuah permainan bola didalam lumpur. Namun tidak benar-benar di rawa berlumpur melainkan di lapangan yang direndam lumpur. Waktu permainan ini hanya 2 x 13 menit, lebih singkat dari permainan bola biasa. Awalnya kegiatan ini dijadikan sebagai ajang latihan untuk militer atau atlet profesional dalam rangka meningkatkan kondisi fisik mereka. Namun seiring berjalannya waktu, permainan ini mulai populer di kalangan masyarakat umum dan sekarang malah ada kejuaraannya di Swedia dan Brazil.

  1. Muurahaispesässä istuminen (Ant-Nest Sitting Competition)
muurahaisIni adalah permainan paling gila yaitu lomba duduk disarang semut dengan bokong telanjang. Perlombaan ini dilakukan sepanjang musim panas di beberapa daerah di Finlandia.

  1. Saappaanheitto (Boots Throwing Competition)
saapIni adalah perlombaan melempar sepatu boot karet. Pemenangnya adalah ia yang melempar sepatu boot paling jauh. Teknik pelemparan diserahkan pada peserta yang paling utama adalah melempar paling jauh. Bagi peserta laki-laki akan diberikan sepatu bot no.43 untuk dilempar sementara perempuan no. 38. Meskipun sepele, kejuaraan ini juga telah dilakukan di beberapa Negara di luar Finlandia seperti Italia, Jerman, Estonia, Swedia dan Polandia.
Selain melempar sepatu boot ada beberapa lomba lempar lainnya di Finlandia seperti lempar ponsel, lempar rumput serta lempar kursi.
Sudah siap mengisi musim panasmu di Finlandia dengan permainan-permainan ini?  (Pu)

Sumber . Rika Melissa (www.mamarantau.com)

Merantau ke Finlandia? Jangan lewatkan 5 Olahraga Gila Orang Finlandia Yang Mencuri Perhatian Dunia Reviewed by gordon on 03.38 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.