Top Ad unit 728 × 90

Bekal Kemampuan Bahasa Inggris, Salah Satu Kunci Karir Gemilangmu

Bekal Kemampuan Bahasa Inggris, Salah Satu Kunci Karir Gemilangmu - thesagescontemplations.blogspot.com

Selain di dunia bisnis, bahasa Inggris juga  telah berperan signifikan dalam dunia karir. Masalahnya, adakah bahasa Inggris bermanfaat pula dalam hal karir seseorang? Bagaimana bahasa Inggris dapat berpengaruh terhadap perencanaan karir seseorang di masa depan?
Dalam tulisan ini akan memaparkan mengenai hubungan bahasa Inggris dengan perencanaan karir yang diawali dengan mengedepankan kemampuan bahasa Inggris.
Calon karyawan yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang aktif baik lisan maupun tulisan, berkesempatan lebih luas. Berbeda jika dibandingkan dengan calon karyawan yang tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris aktif.
Harusnya sejak awal-awal calon karyawan telah menyadari bahwa kompetensi bahasa Inggris. Hampir semua perusahaan atau instansi menuntut calon karyawannya mampu berbahasa Inggris dengan baik.
Dalam era globalisasi seperti sekarang ini bahasa Inggris sudah dianggap sebagai suatu keniscayaan mutlak agar berbagai urusan perusahaan atau instansi dapat teratasi dengan efektif dan efisien. Memang tak berlebihan jika perusahaan-perusahaan mencari calon karyawan yang memiliki kompetensi bahasa Inggris, di samping disiplin utama yang dikuasainya.
Saat browsing dan hunting jenis pekerjaan calon karyawan juga berhadapan dengan berbagai informasi kerja yang berbahasa Inggris. Iklan-iklan yang terkait dengan lowongan pekerjaan baik yangi dimuat di media cetak maupun elektronik, mayoritas menggunakan bahas Inggris.
Orang yang menguasai bahasa Inggris dengan baik akan dengan mudah mengakses seluruh informasi yang ada tanpa batas, sehingga dia akan kaya dengan informasi. Dengan demikian akan memiliki referensi dan pilihan yang leih beragam.
Tetapi sebaliknya, tanpa kemampuan bahasa Inggris yang memadai, proses browsing mencari pekerjaan bisa terganggu atau setidaknya kurang lancar. Kemudian, setelah memutuskan untuk memilih suatu pekerjaan, saat menuliskan surat aplikasi kerja pun, sangat memerlukan bahasa Inggris.
Sekarang ini perusahaan atau instansi banyak yang menuntut calon karyawannya untuk menulis aplikasi pekerjaan dalam bahasa Inggris. Hal tersebut merupakan salah satu cara perusahaan untuk melacak sejak dini kemampuan bahasa Inggris calon karyawannya. Hal ini tentunya sangat disayangkan bagi orang yang tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris aktif tetapi memilki kualifikasi utama yang handal.
Kesempatan kerja dapat melayang begitu saja hanya karena tidak memilki kemampuan dalam berbahasa Inggris. Demikian juga saat wawancara kerja. Calon karyawan yang berkompetensi bahasa Inggris lazimnya dipandang memiliki keleihan tertentu diandingkan dengan yang tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik.
Pewawancara biasanya akan menganggap calon karyawan sudah siap untuk diajak memasuki dunia global yang mana perusahaan /instansi tersebut ada didalamnya. Memiliki modal ahasa Inggris bagi calon kayawan merupakan daya tarik yang kuat. Terlebih lagi, kemampuan bahasa Inggris yang memadai sangat dibutuhkan saat bekerja kelak.
Lebih dari itu. terutama jika pekerjaan terseut berkaitan dengan komputer, internet, atau surat-menyurat dengan pihak asing. Ia juga bermanfaat ketika melakukan komunikasi atau sosialisasi perusahaan yang melibatkan kolega-kolega yang terbiasa menggunakan bahasa Inggris, khususnya ketika ada tamu asing.
Dengan demikian, bahasa Inggris menjadi tidak bisa dipisahkan dengan upaya seorang calon karyawan untuk merancang karir, serta meniti karir atau profesi untuk meraih sebuah kesuksesan.
Bekal Kemampuan Bahasa Inggris, Salah Satu Kunci Karir Gemilangmu Reviewed by gordon on 03.17 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.