Top Ad unit 728 × 90

7 Destinasi Wisata Budaya Terfavorit Di Bali

Bali tak hanya terkenal dengan keindahan pantainya saja. Selain wisata alam, Pulau Bali ternyata banyak menyimpan peninggalan sejarah dan budaya yang masih lestari sampai sekarang. Jika Anda tengah berlibur, maka selipkan destinasi wisata budaya sebagai daftar tempat yang harus dikunjungi di Bali.

Nah berbicara ihwal wisata budaya, berikut ini kami referensikan 7 kawasan yang harus dikunjungi di Bali buat Anda para pecinta wisata budaya.

7 Tempat Wisata Budaya di Bali


1. Pura Besakih

Pura Besakih Bali

Pura kawasan peribadatan umat Hindu ini merupakan yang paling megah dan terbesar di Bali. Pura Besakih terletak di Bali Timur dengan ketinggian 1000 m dpl, tepatnya berada di kaki Gunung Agung. Terdapat 23 pura di dalam kompleks Pura Besakih. Pura yang paling megah di dalam kompleks ini ialah Pura Penataran Agung.

2. Puri Buleleng

Puri Buleleng Bali

Puri Buleleng menjadi salah satu destinasi  wisata Budaya yang harus dikunjungi di Bali alasannya ialah merupakan sebuah situs bersejarah peninggalan Raja Buleleng. Menurut sejarah, Puri ini dibangun oleh Dinasti Ki Barak Panji Sakti. Lokasi Puri Buleleng berada di Jl. Veteran dan Jl. Gajah Mada, Buleleng, Bali. Destinasi wisata sejarah ini dapat Anda kunjungi mulai pukul 08.00 – 17.00 WITA.

3. Taman Werdhi Budaya (Wisata Budaya Art Center)

Taman Werdhi Budaya (Wisata Budaya Art Center)

Tempat yang harus dikunjungi di Bali berikutnya ialah Taman Werdhi Budaya. Tempat wisata ini menjadi sentra Pesta Kesenian Bali (PKB) yang diadakan setiap bulan Juni – Juli. Pesta ini menjadi ajang pagelaran kesenian dari masing-masing Kabupaten di Bali. Lokasi Taman Werdhi Budaya terletak di Jl. Nusa Indah No. 1 Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali.

4. Monumen Puputan Badung

Monumen puputan Badung

Monumen bersejarah ini terletak di jantung kota Denpasar dan sempurna berada di sebelah Museum Bali dan Pura Agung Jaganatha. Monumen ini merupakan sebuah bentuk peringatan akan peristiwa Perang Puputan Badung pada tahun 1906 antara rakyat Bali melawan Belanda. Monumen Puputan menjadi suatu bentuk penghormatan kepada rakyat Bali yang telah gugur ketika membela tanah air.

5. Desa Panglipuran

Desa Panglipuran Bali

Kata “Panglipuran” berarti “Penghibur” dan menjadi nama desa dimana penduduknya dulu merupakan kelompok seniman penghibur raja. Saat ini Panglipuran menjadi Desa yang memiliki keunikan arsitektur rumah tradisional gaya Bali. Rumah-rumah penduduk di desa ini terbuat dari bambu, berjajar rapi, dan sangat bersih. Saat mengunjungi Desa Panglipuran Anda juga dapat melihat acara sehari-hari penduduk  memproduksi barang-barang kesenian.

6. Pertunjukan Seni Tari Khas Bali

Pertunjukan Seni Tari Khas Bali

Jika anda sedang berlibur di Bali, maka jangan lupakan kesempatan untuk melihat pertunjukan seni tarinya. Tempat yang harus dikunjungi di Bali untuk melihat pertunjukan seni tari diantaranya adalah:
  • Pura Saren di Ubud sebagai kawasan pertunjukan Tari Barong dan Legong.
  • Uluwatu sebagai kawasan pertunjukan Tari Kecak.
Baca Juga : Info Wisata Alam Terfavorit Di Bali

7. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana

Tempat yang harus dikunjungi di Bali ini pasti sudah tidak gila lagi di indera pendengaran para wisatawan. Garuda Wisnu Kencana (GWK) merupakan patung besar berwujud Dewa Wisnu yang menunggang burung Garuda. Saat ini situs Garuda Wisnu Kencana telah bermetamorfosis taman budaya lokal sampai internasional, walaupun patungnya sendiri masih belum final dipasang. Lokasi situs GWK ini terletak di Jl. Raya Uluwatu, Ungaran, Kuta Selatan, Badung, Bali.

Itulah 7 Destinasi Wisata Budaya yang harus dikunjungi di Bali jikalau Anda ingin lebih mengenal budaya dan sejarah pulau tersebut. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata budaya diatas, Anda akan banyak berguru mengenai kebudayaan Hindu dan juga masyarakat Bali.

7 Destinasi Wisata Budaya Terfavorit Di Bali Reviewed by gordon on 23.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.