Top Ad unit 728 × 90

Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Dua Tingkat yang Eksotis di Lombok Utara

Pulau Lombok tidak hanya memiliki pantai dan gili (pulau-pulau kecil) sebagai daya tarik dari segi potensi wisatanya, alasannya yaitu kenyataannya Pulau Lombok juga memiliki riam yang sangat rupawan yang juga menjadi incaran para wisatawan lokal maupun asing. Dan dari sekian riam yang ada di Lombok, salah satunya yang menjadi favorit para wisatawan adalah  Air Terjun Sendang Gile.

Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Dua Tingkat yang Eksotis di Lombok Utara

Lokasi Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile ini berada di ketinggian 600 mdpl, dan terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Jika diukur dari Kota Mataram, riam ini jauhnya mencapai 60 kilometer dengan waktu tempuh yang diharapkan yaitu sekitar 2 jam sampai 3 jam lamanya dengan menggunakan kendaraan pribadi.
Air Terjun Sendang Gile ini masih berada satu jalur dengan pendakian Gunung Rinjani alasannya yaitu memang posisinya yang termasuk dalam daerah Taman Nasional Gunung Rinjani. Oleh karenanya, nama riam ini bukanlah suatu nama yang gila di kalangan para pendaki, bahkan ada sebagian di antara mereka yang menyebabkan Air Terjun Sendang Gile ini sebagai tempat persinggahan dari perjalanan mereka, baik saat menuju ataupun gres kembali dari puncak Gunung Rinjani.


Rute dan Perjalanan Menuju Air Terjun Sendang Gile

Untuk menuju ke Air Terjun Sendang Gile, Anda mampu memilih salah satu dari kedua rute berikut ini:
a. Melalui Jalur Pusuk
Jika Anda lebih memilih jalur Pusuk ini, Anda akan menjumpai banyak simpanse yang menjadi penghuni sejati Hutan Pusuk. Biasanya para simpanse ini akan berjejer di tepi jalan untuk sekedar menunggu makanan dari para pengguna jalan. Kelebihan jalur yang pertama ini yaitu jarak yang harus ditempuh lebih bersahabat kalau dibandingkan dengan jalur yang kedua.

b. Melalui Jalur Pantai Senggigi
Nah, kalau Anda lebih suka dengan jalur yang kedua ini, artinya Anda harus siap menempuh perjalanan dengan jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan jalu yang pertama, tetapi sebagai imbalannya, Anda akan ditemani oleh pemandangan berupa pantai di sisi jalan. Tak hanya satu pantai, tetapi Anda akan melewati beberapa pantai sekaligus, menyerupai Pantai Meninting, Pantai Batu Bolong, Pantai Senggigi kemudian Kendangan dan Malumbu sampai Gili Meno, Gili Trawangan dan Gili Air.
Baca : Pantai Tanjung Aan, Destinasi Istimewa Yang Dimiliki Lombok Tengah

Keistimewaan Air Terjun Sendang Gile

Yang menyebabkan Air Terjun Sendang Gile ini istimewa yaitu dua tingkatan air terjunnya yang kalau digabungkan tingginya mencapai 30 meter. Tebing yang menjadi landasan terjunan air ini tertutupi oleh tumbuhan hijau menyerupai tumbuhan paku yang cukup rimbun.
Jika Anda melemparkan pandangan lurus kemana riam ini jatuh, Anda akan melihat sebuah bak alami yang siap untuk menyambut badan Anda, dan dari bak ini, air kemudian akan mengalir dan membentuk sungai.
Anda tentu akan termakan dengan jernihnya Air Terjun Sendang Gile ini. Tenang saja, Anda diperbolehkan untuk berenang di bak riam ini kok, tetapi alasannya yaitu debit air yang jatuh cukup besar, sangat tidak disarankan untuk Anda berdiam diri di bawah terjunan air secara pribadi ya, alasannya yaitu berpotensi untuk membuat Anda celaka.

Oke, itulah ulasan mengenai objek wisata Air Terjun Sendang Gile. Semoga goresan pena ini mampu dijadikan tumpuan untuk menambah pengetahuan Anda mengenai salah satu objek wisata pujian Lombok Utara ini. Semoga bermanfaat.

Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Dua Tingkat yang Eksotis di Lombok Utara Reviewed by gordon on 11.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.