Top Ad unit 728 × 90

Beberapa Pesona Air Terjun Yang Bernuansa Alam Sejuk Di Sukabumi

Sukabumi memiliki nuansa alam asri yang sejuk, memperlihatkan keindahan yang penuh daya tarik bagi pariwisata. Sukabumi yang merupakan tempat tujuan wisata yang populer di Jawa Barat kini telah mulai mengekspos potensinya dengan membuka area wisata gres untuk diresmikan menjadi tempat tempat wisata. Karena lokasi yang hanya sekitar 120 km dari Jakarta, dan sekitar 100 km dari Bandung, Sukabumi menjadi tujuan wisata yang banyak dikunjungi warga sekitar kota Jakarta dan Bandung, terutama pada hari libur atau final pekan. Berikut ini beberapa pesona gerojokan yang bernuansa alam sejuk di Sukabumi.

Curug di Ciletuh Geopark

Geopark Nasional Ciletuh terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang merupakan tempat wisata alam yang sarat dengan pemandangan alam yang indah. Dikelilingi oleh perbukitan yang hijau, tempat geopark ini juga memiliki banyak gerojokan di antara tebing bebatuan. Lokasi ini sendiri resmi ditetapkan sebagai Geopark nasional pada pertengahan 2015 dan masih akan terus progress berbenah yang disiapkan untuk menjadi geopark internasional pada tahun 2017 ini.

Beberapa Pesona Air Terjun Yang Bernuansa Alam Sejuk Di Sukabumi

Curug Cimarinjung – gerojokan bernuansa alam sejuk ini kini menjadi target traveler yang hobi menjajal wisata yang beda daripada yang lain. Apalagi lokasi wisatanya terletak di tempat Geopark Ciletuh, adegan selatan Kabupaten Sukabumi yang sedang trending di kalangan wisatawan. Kawasan Geopark Ciletuh sendiri sedang digenjot Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai andalan untuk menjadi wisata kelas dunia di Sukabumi. Memang untuk ketika ini, menuju Curug Cimarinjung ini membutuhkan persiapan fisik dan mental sebab jarak yang lumayan jauh dan saluran jalan yang sangat menantang. Tapi boleh juga bagi yang senang bertualang dengan tantangan, menyusuri jalan setapak di antara alam bebas dengan jarak sekitar 400 meter. Curug dengan ketinggian lebih dari 40 meter yang mengaliri Sungai Ciemas ini terlihat eksotis ketika menghempaskan air pedoman sungai ke dasarnya. Dua bongkah bebatuan berukuran sangat besar  mengapit pedoman air sebelum hasilnya mengalir ke bawah.
Kawasan Geopark Ciletuh memang memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Di sini, alam menyajikan paduan laut, air terjun, sampai persawahan dengan panorama alam sejuk yang bisa membuat pendatang berdecak kagum. Dengan tipikal tempat Geopark Ciletuh yang bisa membawa khayalan kita pada suasana alam zaman purba, siapapun melihat keunikan ini akan mencicipi pengalaman unik tersendiri. Untuk objek wisata gerojokan saja, di tempat Geopark Ciletuh memiliki beberapa curug lain yang menarik, menyerupai Curug Awang, Curug Tengah, Curug Cikanteh, Curug Puncak Manik, Curug Ngelai, Curug Sodong, Curug Nyelempet dan Curug Dogdog.

Curug Cikaso

Curug ini ialah gerojokan besar nan mengagumkan yang terletak di Sukabumi. Curug Cikaso memiliki tiga gerojokan yang saling berdampingan. Curug ini tingginya sekitar 80 m dengan lebar tebing sekitar 100 m. Apabila matahari sinarnya cerah,kemungkinan dapat melihat pelangi kecil di gerojokan ini. Lokasi wisata gerojokan Curug Cikaso ini letaknya akrab dengan Pantai Ujung Genteng di Desa Cibitung, Kec. Cibitung.

Beberapa Pesona Air Terjun Yang Bernuansa Alam Sejuk Di Sukabumi

Nama curug Cikaso ini memang sudah banyak terdengar sebagai primadona gerojokan di Sukabumi.Salah satu curug yang berada di lokasi terpencil ini memiliki keindahan alam sejuk yang tak diragukan, pesonanya memikat para pecinta wisata alam.

Nama gerojokan ini sebetulnya Curug Luhur, tapi sebab bersumber dari Sungai Cikaso, masyarakat lebih familiar dengan sebutan Curug Cikaso. Curug Cikaso sebetulnya bukanlah destinasi wisata gres di Sukabumi. Air terjun yang lokasinya terpencil ini sudah menjadi target wisatawan terutama  yang mengunjungi pantai Ujung Genteng.

Ada dua alternatif yang dapat ditempuh sebelum mencapai air terjun, yaitu berjalan kaki atau menyewa perahu melintasi Sungai Cikaso. Keduanya memiliki sensasi tersendiri yang sayang bila dilewatkan pengalamannya. Hijaunya pemandangan di sepanjang perjalanan sangat menyegarkan mata, sehingga meski berjalan kaki 15 menit dengan medan yang susah tak akan terasa melelahkan. Sementara bila naik perahu, tarif penyewaan bervariasi, Rp 80.000 - Rp 120.000 sampai sepuluh penumpang. Pemandangan menakjubkan tampak dari atas perahu keindahan sekeliling alam hulu sungai.

Curug Cibeureum Sukabumi

Curug Cibeureum ialah gerojokan yang terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Resort Selabintana, Sukabumi. Banyak wisatawan datang dari aneka macam daerah, bahkan dengan rombongan dari Jakarta yang sengaja berangkat untuk berekreasi di Curug ini. Beberapa pengunjung datang untuk berkemah di gerojokan yang nuansa alamnya sejuk ini.

Beberapa Pesona Air Terjun Yang Bernuansa Alam Sejuk Di Sukabumi

Untuk mencapai Curug Cibeureum, dari gerbang harus menempuh jalan menyusuri jalan setapak. Perjalanan melintasi hutan hujan tropis pegunungan di dataran tinggi dengan jarak 3 km yang dapat ditempuh dengan waktu 1,5 jam. Tinggi Curug Cibeureum ini mencapai 60 m pada ketinggian 1.300 m dpl, yang merupakan gerojokan tertinggi di tempat konservasi TNGGP.

Untuk masuk lokasi gerojokan Curug Cibeureum di tempat konservasi ini pengunjung harus memiliki surat izin masuk tempat konservasi (Simaksi) yaitu membayar tiket dan asuransi. Tarif ketika libur/Sabtu-Minggu Rp 18.500, sedangkan hari biasa Rp 16.000.

Curug Sawer

Curug Sawer berada di Desa Gedepangrango, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi. Curug atau gerojokan ini ialah salah satu surga wisata alam gerojokan di Sukabumi yang udaranya sejuk, dan keindahannya masih tersembunyi sebab masih sedikit orang yang mengetahuinya. Curug ini berada di lokasi sekitar tempat Situ Gunung Sukabumi yang terkenal sebagai tempat terindah untuk berkemah dan Camping.

Beberapa Pesona Air Terjun Yang Bernuansa Alam Sejuk Di Sukabumi

Ada sumber yang bercerita bahwa dulunya di Curug Sawer ini merupakan sebuah gerojokan kecil saja. Lokasinya yang tertutup hutan bambu yang rimbun membuat curug ini makin diidentikkan sebagai tempat angker. Namun semua seakan berubah setelah sekelompok pecinta alam melaksanakan survei spot outbond. Secara tak sengaja mereka menemukan keindahan Curug Sawer ini yang sontak memikat pandangan mereka. Kemudian semenjak ketika itu area sekitar curug ini dibangun dan diberikan beberapa akomodasi untuk dikunjungi.
Curugnya tidak terlalu tinggi, sekitar 25-30 m, namun keindahan alam sejuknya bisa menjadi penambah daya tarik yang besar. Disekitar curug juga terdapat lapangan hijau, serta hamparan padi. Keindahannya yang melekat pada tempat ini memang pantas bila disebut-sebut sebagai surga nya alam Sukabumi.

Nah Itulah Beberapa Pesona Air Terjun Yang Bernuansa Alam Sejuk Di Sukabumi yang dapat dijadikan pilihan untuk tujuan wisata.

Beberapa Pesona Air Terjun Yang Bernuansa Alam Sejuk Di Sukabumi Reviewed by gordon on 15.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.