Top Ad unit 728 × 90

Berbagai Objek Menarik Untuk Dikunjungi Di Cagar Alam Pangandaran

Selain keindahan pantai dengan pemandangan sunset dan sunrisenya yang mempesona, kehidupan biota laut yang beragam, Pangandaran juga terkenal dengan kekayaan alam yang salah satunya keindahan taman wisata cagar alam. Berlokasi diujung semenanjung merupakan wilayah cagar alam yang terjaga kelestariannya sebagai tempat konservasi sampai dikala ini. Lokasi ini jadi salah satu tujuan utama yang dikunjungi wisatawan dikala berlibur di Pantai Pangandaran. Di Lokasi ini pula terhampar keindahan pantai dengan pasirnya yang putih cantik kolam mutiara. Berikut ini berbagai objek menarik untuk dikunjungi di cagar alam Pangandaran.

Wisata Menarik Di Cagar Alam Pangandaran

Alam Hutan

Cagar Alam Pangandaran merupakan sebuah hutan lindung sekaligus Taman Wisata Alam yang menjadi tempat hidup bagi banyak hewan dan tumbuhan dengan suasana yang alami. Pesona alam yang menawan alasannya ialah hutan basa tropis ini yang ditumbuhi aneka tumbuh-tumbuhan sebagai hutan lindung yang dijaga tetap asri. Dengan keanekaragaman hayati yang dimilikinya serta banyaknya acara wisata yang dapat dilakukan, hutan basa tropis ini sangat menarik pengunjung. Pada Cagar Alam Pangandaran ini kita dapat menikmati olah raga ketangkasan ibarat FyingFox dan OutBond.

Hutan Alam Objek Menarik di pangandaran

Jenis pohon yang persebarannya paling tinggi di cagar alam Pangandaran ialah Andong, dan jenis lain yang cukup secara umum dikuasai yaitu Laban. Sementara jenis pohon yang penyebarannya sangat minim di sini  antara lain yaitu: pohon Walikukun, Kelepu, Menteng, Teureup, Beringin, Jamura, Ki Huut, Walen,Renghas, dan Pulus. Selain pohon-pohon tersebut, terdapat aneka macam jenis pohon introduksi di cagar alam ini ibarat pohon Salam, Jati, dan Huni yang tumbuh secara alami. Asal eksistensi pohon jati di lokasi, diperkirakan alasannya ialah ekspansi pohon jati dari Taman Wisata Alam Pangandaran (TWAP) menuju cagar alam Pananjung Pangandaran. Bila dilihat sejarah cagar alam Pangandaran, sekitar 70 tahun lalu dalam daerah ini terdapat pemukiman penduduk, sehingga kemungkinan bahwa pohon jati pernah sengaja ditanam oleh penduduk yang tinggal di daerah hutan ini.

Gua Alam

Di daerah cagar alam Pantai Pangandaran, juga memiliki pemandangan alami yang sungguh luar biasa yaitu aneka macam goa menakjubkan yang terbentuk secara alami dengan sejarah tersendiri. Ada sejumlah gua yang dapat dijumpai beserta hiasannya Stalagtit dan Stalagnit cantik dengan aneka bentuk yang dapat dilihat di dalam gua-gua Cagar Alam Pangandaran yaitu diantaranya; Gua Lanang, Gua Keramat, Gua Parat, Gua Miring, Gua Panggung, Gua Landak, Gua Sumur Mudal, dan Goa Jepang. Goa Jepang yaitu goa alam yang kemudian dibangun selama pendudukan Jepang di daerah Pangandaran pada masa perang dunia kedua.

Objek Menarik Untuk dikunjungi di cagar alam Pangandaran
Gua Lanang
Gua parat di cagar alam pangandaran
Gua Parat
Goa Landak di pangandaran
Gua Landak

Berbagai Satwa di Cagar Alam

Menjelajahi keindahan cagar alamnya memiliki keunikan tersendiri, khususnya pengunjung yang berasal dari aneka macam kota besar alasannya ialah mampu melihat satwa liar eksklusif dari jarak dekat. Namun jangan khawatir, binatang-binatang ini tak akan menggangu pengunjung yang datang selama eksistensi merekapun tak terganggu. Justru satwa ini akan bertingkah lucu dan beratraksi unik di hadapan para pengunjung. Cagar Alam Pangandaran sebagai tempat wisata dan liburan yang sangat cocok untuk rekreasi keluarga, juga cocok sebagai wisata edukasi bagi anak-anak. Cagar alam Pangandaran sebagai daerah hutan lindung merupakan sentra derma habitat flora dan satwa langka asli setempat.

Berbagai Satwa di cagar alam pangandaran

Aneka hewan yang banyak dijumpai di Cagar Alam Pangandaran diantarannya; Kera atau Monyet, Lutung, Landak, Rusa, Sapi Hutan ,Ular, Biawak, Tupai dan Bermacam-macam burung: Rangkong, Jalak, Murai, Nuri dan banyak lagi. Di sekitar lokasi juga banyak Kelelawar, Kalong dan hewan-hewan lainnya.

Banteng / Sapi Hutan Satwa di cagar alam pangandaran

Lapang Banteng

Lapang banteng merupakan sebuah bentangan padang rumput yang berada di tengah taman wisata cagar alam. Dari ujung jalan sebelum memasuki daerah hutan kita dapat melihat sepanjang pantai barat Pangandaran dari ketinggian. Dari daerah lapang banteng inilah merupakan salah satu jalan masuk masuk menuju Curug Pananjung. Lapang Banteng ini yaitu lapang dengan rerumputan yang luas di bab hutan, dimana kita bila beruntung mampu melihat banteng di sana, dan juga monyet. Namun menurut sejarahnya, akhir dari petaka letusan gunung Galunggung pada 1982, banteng di tempat ini pernah dikatakan punah. Dari lapang banteng kita lanjutkan berjalan kaki menuju Curug, yaitu gerojokan yang menghadap eksklusif ke laut lepas. Petualangan di cagar alam akan semakin terasa seru di sini.

Lapang Banteng di cagar alam pangandaran

Curug Pananjung

Curug Pananjung ini ialah gerojokan pananjung yang berlokasi di dalam daerah taman wisata cagar alam yang memiliki ketinggian lebih dari 50 m. Tempat ini terletak di belakang Batu Mandi Pangandaran, pantai cantik yang putih bersih dengan bebatuan besar. Untuk mencapai curug Pananjung membutuhkan usaha dulu dengan berjalan kurang lebih 45 menit dari gerbang tiket masuk taman wisata cagar alam. Bukan hanya keindahan air terjunnya tapi juga kita akan si suguhkan dengan pemandangan cantik batu-batu karang yang dihempaskan ombak, alasannya ialah keunikan gerojokan ini yaitu eksklusif berhadapan dengan laut lepas.

Curug pananjung di cagar alam pangandaran

Bunga bangkai / Raflesia Arnoldi

Dari sekian banyak objek menarik, bahkan unik di cagar alam ini, satu lagi objek yang tak kalah luar biasa yang mampu dilihat ialah bunga raflesia arnoldi. Bunga ini merupakan salah satu yang termasuk dalam kategori tumbuhan bunga langka. Bunga ini dapat ditemukan di dalam daerah taman wisata cagar alam Pangandaran yang asri. Bunga Raflesia Arnoldi dapat kita temukan di jalan menuju curug pananjung dan kemunculan bunganya hanya setiap animo panas atau kemarau, yang lokasinya tentunya tak di sembarang tempat. Hanya di titik tertentu saja yang kondusif menjadi tempat tumbuhnya bunga bangkai ini. 

Bungan Bangkai yang dapat ditemui di cagar alam pangandaran

Baca Juga : Pantai-Pantai Terindah Di Jawa Barat Untuk Spot Foto Cantik
Bagi para wisatawan yang berkunjung yang ingin menuju ke beberapa objek menarik tersebut maka sebaiknya gunakanlah jasa pemandu yang sudah mengetahui medan wilayah cagar alam ini. Karena jalan menuju lokasi masih jalan setapak di dalam hutan dan terkadang membuat gundah pendatang gres yang belum pernah melewati tempat-tempat ini. Perjalanan ke cagar alam Pangandaran akan menawarkan kesan menarik bagi yang berkunjung ke sini, mulai dari petualangan alamnya sampai pemandangan eksotis yang ditawarkannya. Inilah sekeping tanah cita-cita di Pangandaran bagi traveler yang menyukai alam bebas untuk menerima pengalaman tak ternilai di berbagai objek menarik untuk dikunjungi di cagar alam pangandaran.

Berbagai Objek Menarik Untuk Dikunjungi Di Cagar Alam Pangandaran Reviewed by gordon on 11.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.