Top Ad unit 728 × 90

Pesona Eksotis Danau Ubur-Ubur Di Indonesia

Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan dengan banyak pantai cantik bertebaran mulai dari timur hingga ujung barat Indonesia. Namun selain pantai yang cantik dan menawan, ada wisata bawah laut/air unik yang ada di Indonesia, salah satunya yakni danau ubur-ubur. Ya, danau ubur-ubur merupakan wisata yang menyampaikan keseruan berenang bersama jutaan habitat ubur-ubur yang eksotis. Apabila anda ingin menikmati wisata ubur-ubur, berikut ini kami berikan tumpuan mengenai tempatnya. Silahkan disimak.

Daftar Wisata Danau Ubur-Ubur di Indonesia

Danau Haji Buang, Kalimantan Timur

Danau Haji Buang merupakan danau ubur-ubur pertama yang mampu anda jadikan tujuan wisata favorit. Letaknya berada di pulau Maratua di laut sulawesi. Namanya diambil dari nama penemu danau ini. Di lokasi wisata Danau Haji Buang, wisatawan mampu menikmati pemandangan alam dengan pepohonan yang hijau. Aneka burung berterbangan sambil bernyanyi dan tentu saja ubur-ubur cantik yang menunggu anda di dalam danau. Untuk mampu hingga di lokasi wisata ini, anda perlu menggunakan perahu dari arah lawang-lawang, bohe bukut atau mampu juga berjalan kaki menembus hutan dan kebun kelapa kurang lebih 20 menit.

Danau Ubur-ubur Haji buang


Danau Lenmakana, Papua Barat

Danau ubur-ubur yang satu ini berada di tempat Papua Barat, atau lebih tepatnya berada di Misool, Raja Ampat, Papua Barat. Nama lokasi wisata ini Danau Lenmakana, dimana bagi wisatawan yang berkunjung di destinasi wisata ini mampu menikmati berenang bersama ubur-ubur Totol (Mastigias papua) yang tidak menyengat, dari yang berukuran mulai dari sebesar jari hingga yang besar.
Danau Lenmakana merupakan danau ubur-ubur terbesar di Papua, maka tak heran bila berwisata selam dengan ubur-ubur disini sangat menyenangkan. Namun jalan masuk menuju lokasi ini tidak mudah, butuh trekking melewati bukit batu, tetapi perjuangan keras anda akan terbayarkan ketika hingga di lokasi tujuan.

Danau Lenmakana Raja ampat

Danau Mariona, Sulawesi Tengah

Danau ubur-ubur lain yang menjadi habitat bagi ubur-ubur yang tidak menyengat yakni lokasi wisata Danau Mariona yang lokasi tepatnya berada di kepulauan togean, kabupaten toja una-una, Provinsi Sulawesi Tengah. Anda tidak hanya akan disajikan wisata ubur-ubur, tetapi pemandangan bawah laut dan keindahan pulaunya akan membuat hati anda terkesan. Untuk mampu mengakses ke Danau Togean, lokasinya tidak terlalu jauh dari Pulau Kadidiri yang merupakan salah satu pulau tercantik di kepulauan Togean.

Danau Ubur-ubur Mariona

Danau Kakaban, Kalimantan Timur

Danau Kakaban merupakan danau ubur-ubur yang sangat fenomenal dan terkenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga hingga mancanegara. Keunikan dari Danau Kakaban yakni air yang ada di dalamnya merupakan jenis air laut yang terperangkap di pulau kakaban, lalu ditambah air dalam tanah dan air hujan selama kurang lebih semenjak 2 juta tahun yang lalu. Danau Kakaban juga merupakan salah satu danau prasejarah atau terbentuk pada kurun peralihan Holisin. Bentuk topografi Danau Kakaban berupa dinding terjal di seputaran danau membuat air laut terperangkap di dalamnya tidak mampu keluar lagi.

Danau Ubur-ubur Kakaban

Ada 4 jenis spesies ubur-ubur yang ada di danau kakaban, semuanya merupakan jenis spesies yang tidak menyengat, yakni ubur-ubur Cassiopeia ornata (Ubur-Ubur Terbalik), Aurelia aurita (Ubur-Ubur Bulan), Mastigias papua (Ubur-Ubur Totol) dan Tripedalia cystophora (Ubur-Ubur Kotak). Untuk mencapai pulau Kakaban, anda mampu mengambil jalur ke pulau derawan dengan mengambil jalan ke Tarakan, Kalimantan Utara lalu menyewa perahu mesin atau anda juga mampu lewat Kabupaten Berau yang mampu diakses melalui pelabuhan tanjung redeb.

Nah, itu ia di atas beberapa destinasi menarik, danau ubur-ubur yang tersebar di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Pesona Eksotis Danau Ubur-Ubur Di Indonesia Reviewed by gordon on 15.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.