Top Ad unit 728 × 90

Bukit Bangkirai Kalimantan Timur, Wisata Alam dengan Pesona Hutan Alami Indonesia

Bukit Bangkirai merupakan destinasi wisata yang menyampaikan pesona alam Indonesia berupa hutan hujan tropis yang masih alami. Namun di balik keindahan hutan alami yang mempesona tersebut, pihak pengelola wisata ini juga menambahkan sarana dan prasarana penunjang, mulai dari restoran, cottage, bak renang bahkan jungle cabin. Menarik bukan?

Bukit Bangkirai Kalimantan Timur

Wisata Alam Indonesia dengan Pesona Hutan Alami

Di lokasi wisata Bukit Bangkirai terdapat canopy bridge yang menggantung di antara pepohonan pada ketinggian 30 meter. Keunikan dan materi konstruksinya yang menggunakan kayu, membuat jembatan ini begitu ikonik. wisatawan yang ingin mengunjungi jembatan ini perlu berjalan di jalan setapak diantara hutan lebat dan pohon-pohon yang rindang.
Bukit Bangkirai sendiri diresmikan pada tanggal 14 maret 1998, dengan luas mencapai 1500 hektar. Selain pemandangan alam berupa pohon-pohon khas hutan Indonesia, wisatawan mampu menikmati sejuknya hutan tropis dengan kicauan burung dan suara-suara hewan liar yang sungguh mempesona. Di daerah wisata ini juga terdapat kebun buah seluas 4 hektar.
Keindahan lain dari wisata ini ialah wisatawan mampu menikmati banyak sekali jenis bunga anggrek yang ragamnya mencapai 45 jenis di lokasi ini, salah satunya yakni anggrek hitam merupakan maskot dari Kalimantan Timur. Lokasi wisata Bukit Bangkirai menyajikan ribuan pohon Bangkirai berusia rata-rata lebih dari 150 tahun dengan tinggi 40-50 meter dan diameternya mencapai 2,3 meter.
Aneka satwa di lokasi wisata ini juga tak kalah menariknya, anda mampu menikmati riuhnya satwa penghuni hutan ini mulai dari burung banyak sekali jenis, babi hutan, simpanse ekor panjang, beruk, lutung merah, owa-owa, rusa sambar dan tupai terbang. Aneka satwa ini merukan satwa endemik yang menghuni daerah Bukit Bangkirai dan dilindungi.
Apabila anda ingin menikmati Bukit Bangkirai dari jembatan (canopy bridge), maka anda harus menaiki anak tangga menuju menara dari kayu ulin. Karena konstruksinya dari kayu, maka anda akan mencicipi jembatan bergoyang, dan goyangannya akan semakin kencang manakala anda melangkah ke tengah. Oleh sebab itu jembatan ini tidak boleh dilewati oleh banyak pengunjung sekaligus, sebab mengingat keselamatan pengunjung ialah prioritas.
Namun setelah ada di atas jembatan, maka anda mampu menikmati pemandangan hutan yang penuh dengan pohon-pohon yang menawan, serta kesegaran udara pada ketinggian 30 meter diatas permukaan tanah. Jembatan yang bergoyang dan suasana yang asri menambah kenikmatan berwisata di Bukit Bangkirai.
Masih diatas jembatan tajuk, wisatawan mampu melihat Tajuk Tegakan Dipterocarpaceae, yakni formasi khas nan unik dari hutan hujan tropis dan saling menyambung. Untuk mampu menikmati pemandangan alam dengan naik ke jembatan ini, anda akan dikenakan biaya 15 ribu untuk wisatawan domestik dan 30 ribu untuk wisatawan mancanegara.
Diluar jembatan tajuk, di lokasi wisata Bukit Bangkirai anda juga mampu menikmati daerah wisata ini dengan berjalan kaki melalui jalur trekking yang terdiri dari 7 trek dengan panjang bervariasi mulai dari 150 meter sampai 6 km. Jika ingin menikmati suasana yang lebih merdu di malam hari, anda mampu berkemah sebab sudah disediakan lapangan rumput datar dengan luas 20 x 50 meter.

Tiket masuk

Untuk mencapai daerah wisata Bukit Bangkirai, satu-satunya cara menuju lokasi ini ialah dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4 langsung sebab tidak ada angkutan umum yang mengantar sampai ke lokasi ini. Sedangkan harga tiket masuknya untuk cukup umur Rp. 2000 rupiah dan Rp. 1000 rupiah untuk anak-anak.

Bukit Bangkirai Kalimantan Timur, Wisata Alam dengan Pesona Hutan Alami Indonesia Reviewed by gordon on 23.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.