Top Ad unit 728 × 90

Inilah 10 Destinasi Wisata Taman Nasional Terbaik di Indonesia

Bagi para pecinta alam, menjelajah Taman Nasional yang ada di Indonesia pasti menjadi impian dan harapan mereka. Dan ada sekitar 50 Taman Nasional yang ada di Indonesia yang menanti untuk Anda kunjungi. Jika Anda berniat untuk berkunjung namun masih resah menentukan destinasi mana saja yang akan dipilih, maka ada baiknya anda memilih salah satu dari 10 Taman Nasional terbaik di Indonesia yang kami rangkum berikut ini:

10 Taman Nasional terbaik di Indonesia


1. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken merupakan tempat pelestarian bagi terumbu karang yang terletak di perairan Manado, Sulawesi Utara. Taman nasional ini terkenal sampai ke manca negara alasannya ialah keindahan dan kelengkapan terumbu karangnya.

Taman Nasional Bunaken

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Ujung Kulon merupakan Taman Nasional yang ada di Indonesia tepatnya terletak di Provinsi Banten. Taman Nasional Ujung Kulon merupakan tempat pertolongan dan konservasi warak jawa. Selain satwa tersebut, Taman Nasional Ujung Kulon juga menjadi rumah pertolongan bagi ekosistem laut, rawa, dan darat.

Taman Nasional Ujung Kulon

3. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasonal Gunung Leuser terletak di perbatasan Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Taman Nasional ini bahkan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu Cagar Alam Biosfer dunia. Indonesia juga telah berhubungan dengan Malaysia untuk menetapkan Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Negara National Park sebagai “Sister Park”.

Taman Nasional Gunung Leuser

Di Taman Nasional Gunung Leuser Anda dapat menikmati keindahan alam hutan hujan tropis yang berpadu dengan hutan pantai. Satwa yang dilindungi di sini ialah Badak Sumatera, Harimau Sumatera, Orang Utan, Gajah Sumatera, Rangkong, dan Kucing Hutan. 

4. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi yang berlokasi di Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara. Nama “Wakatobi” bergotong-royong merupakan abreviasi dari 4 pulau utama di tempat tersebut yaitu Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Togian, dan Binongko.

Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi menjadi tempat pertolongan bagi biota dan ekosistem laut. Wakatobi menyajikan keindahan alam bawah laut berupa 25 gugusan terumbu karang beserta keanekaragaman hayati yang harus dilindungi dengan baik. Luas Taman Nasional Wakatobi ini mencapai 1,39 juta hektar. Waktu terbaik untuk berkunjung ialah pada bulan April – Juni atau Oktober – Dessember setiap tahunnya. 

5. Taman Nasional Pulau Komodo

Taman Nasional yang ada di Indonesia ini terkenal dengan satwa langka yang dilindunginya yaitu Komodo. Satwa ini bahkan telah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia yang diresmikan di Zurich Swiss pada tanggal 16 Mei 2013. Habitat padang savana dan sumber air yang terbatas ternyata menjadi lingkungan yang kondusif bagi kelangsungan hidup Komodo.

6. Taman Nasional Baluran

Keajaiban alam berikutnya yang ada di Indonesia ialah Taman Nasional Baluran yang terletak di perbatasan Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi. Keunikan Taman Nasional yang ada di Indonesia ini terletak pada perbedaan 3 ekosistemnya dalam satu wilayah yaitu hutan hujan tropis, padang savana, dan ekosistem pantai.

Taman Nasional Baluran

Spot paling terkenal di Baluran ialah Padang Savan Bekol yang bahkan mendapat julukan sebagai “Afrikanya Indonesia”. Di taman nasional ini anda dapat melihat kehidupan satwa liar mulai dari banteng, kerbau, burung, kera, dan satwa laut. 

7. Taman Nasional Gunung Tambora

Taman Nasional Gunung Tambora terletak di Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pada tahun 1815 Gunung Tambora meletus jago sampai menghancurkan 3 kerajaan yang bernaung di kaki gunung tersebut. Letusan Gunung Tambora bahkan menelan korban jiwa sampai 70 ribu orang.

Taman Nasional Gunung Tambora

Taman Nasional Gunung Tambora diresmikan pada tanggal 11 April 2015 bertepatan dengan peringatan 200 tahun letusannya. Letusan Gunung Tambora ketika ini menyisakan keindahan perbedaan ekosistem dalam satu pulau. Daerah yang dulu dilewati pedoman lahar berkembang menjadi padang savana, sedangkan tempat lainnya masih ditumbuhi oleh tanaman yang lebat. 

8. Taman Nasional Gunung Rinjani

Spot yang banyak diminati oleh para pendaki ialah Taman Nasional Gunung Rinjani yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani menjadi yang tertinggi kedua di Indonesia. Keindahan alam yang paling banyak menarik minat para wisatawan ialah “Segara Anak” yang merupakan danau vulkanik hasil dari letusan Gunung Rinjani pada masa lampau.

Taman Nasional Gunung Rinjani

9. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Gunung Bromo dan Semeru merupakan gunung berapi yang berada di wilayah Pegunungan Tengger. Oleh alasannya ialah itu, wilayah konservasi ini diberi nama Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

TNBTS berada di perbatasan 3 wilayah yaitu Kabupaten Probolinggo, Malang, dan Lumajang. TNBTS sangat terkenal dengan keindahan gunung berapinya. Bahkan Gunung Bromo telah menjadi spot favorit wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin meyaksikan matahari terbit dan lautan pasir yang memukau.

10. Taman Nasional Lorentz

UNESCO menetapkan Taman Nasional Lorentz di Papua sebagai situs warisan dunia pada tahun 1999. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 2,4 juta ha dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Taman Nasional Lorentz terkenal dengan keajaiban alamnya yaitu satu-satunya salju kekal di negara tropis (Indonesia).

Taman Nasional Lorentz

Itulah diatas 10 pilihan terbaik diantara 50 Taman Nasional yang ada di Indonesia yang layak anda pertimbangkan. Pastikan Anda tidak merusak keindahan alam ketika berkunjung ke salah satu destinasi diatas.

Inilah 10 Destinasi Wisata Taman Nasional Terbaik di Indonesia Reviewed by gordon on 11.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.