Top Ad unit 728 × 90

Curug Sewu Kendal, Pesona Air Terjun Tiga Tingkat di Jawa Tengah

Air terjun Curug Sewu Kendal – Jawa Tengah memang merupakan salah satu wisata alam jeram yang mempunyai panorama eksotis. Siapapun yang melihatnya pasti akan merasa betah dan ingin berlama-lama di sana. Oleh hasilnya tak heran bila wisata jeram ini selalu ramai oleh pengunjung, baik wisatawan lokal, maupun wisatawan dari luar daerah.

Curug Sewu Kendal

Lokasi Curug Sewu

Air terjun curug sewu lokasinya berada di dataran tinggi, tepatnya di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kendal – Jawa Tengah. Tempat ini berjarak sekitar 40 km dari sentra Kabupaten Kendal. Curug Sewu ini sangat mudah untuk ditemukan alasannya terletak di jalur utama pantai utara yang menghubungkan Kota Semarang dan Kabupaten Pekalongan.

Keistimewaan Curug Sewu

Air terjun Curug Sewu merupakan jeram yang memiliki debit ajaran air yang terbesar sekaligus merupakan jeram yang tertinggi di Jawa Tengah. Nama Curug Sewu yang disematkan pada jeram ini diambil dari nama desa dimana jeram ini berada.
Curug Sewu terdiri dari tiga tingkat dimana masing-masing tingkatan tersebut memiliki ketinggian 20 m, 15 m dan 45 m. Jika ketinggian tiga tingkatan jeram ini digabungkan, Curug Sewu memiliki ketinggian sampai 80 m.
Karena posisi Curug Sewu yang menarik, pengunjung mampu menikmati keunikan Curug Sewu dengan 2 cara. Cara yang pertama ialah melihat Curug Sewu dari bersahabat yang mengharuskan pengunjung menuruni ratusan anak tangga. Sedangkan cara yang kedua ialah menikmati Curug Sewu dari kejauhan dengan mendatangi Gardu Pandang yang tak hanya menampilkan Curug Sewu saja, tetapi juga menampilkan pemandangan yang menjadi background dari Curug Sewu.
Tak hanya itu saja, Curug Sewu akan menampakkan pelangi di antara terjunan air, namun sayangnya pelangi ini akan muncul pada saat-saat tertentu.

Fasilitas yang Ada di Curug Sewu

Pihak pengelola Curug Sewu nampaknya melihat jeram ini sangat potensial untuk dikembangkan, sehingga kemudian Curug Sewu ini dilengkapi dengan aneka macam fasilitas, antara lain:
  1. Area parkir yang sangat luas dan terpisah, dimana untuk kendaraan roda dua berada di bawah dan di belakang loket masuk, sedangkan untuk tempat parkir kendaraan beroda empat dan sejenisnya berada di atas
  2. Gardu Pandang yang diposisikan bersahabat dengan tara menurun untuk menuju ke air terjun, dan diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan Curug Sewu dari kejauhan
  3. Warung makan yang berada sempurna setelah pintu masuk
  4. Toilet yang juga disediakan dalam jumlah yang cukup
  5. Mushola yang diposisikan sempurna di belakang aula
  6. Aula yang biasanya dijadikan sebagai tempat rapat atau tempat pertemuan penting dan berada di samping gerbang masuk
  7. Area taman bermain yang berada di belakang warung makan dan menjadi tempat yang cocok untuk tempat bermain anak dengan aneka macam wahana pelengkapnya ibarat jungkat-jungkit, ayunan, plosotan dan aneka macam wahana yang lainnya
  8. Kolam renang yang dibangun sesuai dengan standar nasional sehingga pengunjung mampu berenang dengan kalem dan nyaman
  9. Panggung hiburan yang pada saat-saat tertentu digunakan untuk menampilkan aneka macam hiburan
  10. Kebun binatang mini yang di dalamnya terdapat aneka macam satwa
Baca : Berpeualang seru ke desa wisata Lolong - Pekalongan, Jawa Tengah
Nah, itulah di atas ulasan singkat mengenai Curug Sewu yang ada di Kendal – Jawa Tengah. Berbagai pesona keindahan jeram , serta panorama pemandangan alam sekitarnya, di tambah dengan aneka macam kemudahan penunjang di dalamnya, membuat jeram curug kendal ini layak di jadikan sebagai tujuan liburan anda bersama keluarga.

Curug Sewu Kendal, Pesona Air Terjun Tiga Tingkat di Jawa Tengah Reviewed by gordon on 11.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.