Top Ad unit 728 × 90

Museum Sepuluh November - Destinasi Wisata Bersejarah di Kota Pahlawan Surabaya

Surabaya merupakan kota terpadat kedua setelah Jakarta. Kota yang tidak pernah mati di siang maupun malam hari ini merupakan salah satu kota di Indonesia yang menyimpan dongeng heroik usaha para pahlawan dikala berperang melawan penjajah. Oleh alasannya yaitu itu sebagai wujud dari penghormatan dan rasa besar hati rakyat Indonesia bagi seluruh pahlawan dari kota Surabaya, di bangunlah sebuah museum sejarah untuk mengenang jasa – jasanya. Museum ini diberi nama Museum Sepuluh November.
Museum Sepuluh November

Museum Sepuluh November - Destinasi Wisata Bersejarah di Surabaya

Museum Sepuluh November sendiri didirikan untuk mengenang para pahlawan yang gugur dikala perlawanan terhadap penjajah pada tanggal 10 November 1945. Perjuangan besar yang diikuti oleh seluruh arek – arek Suroboyo pada dikala itu. Namun demikian, museum ini tak bisa mengabadikan momen usaha secara menyeluruh. Hanya sebagian kejadian saja yang dapat dilihat dari museum ini ibarat bunyi asli Bung Tomo ketika berpidato di depan para pejuang, patung – patung usaha dan beberapa benda sisa usaha yang masih tersimpan.

Bangunan museum ini terlihat cukup artistik dengan 3 buah atap yang dapat terlihat dari kejauhan. Didalamnya terdapat 3 lantai berbentuk mengerucut keatas. Lantai dasarnya berada dibawah permukaan tanah dan merupakan bab terluas diantara lantai lainnya. Pada lantai dasar ini dapat dilihat banyak sekali macam foto – foto dikala zaman perjuangan. Di sepanjang jalan menuju lantai dasar terdapat deretan nama – nama pejuang yang ditulis di atas lempengan tembaga. Di pintu yang menuju lantai ini pulalah para pengunjung akan membayar tiket masuk seharga Rp 1000 rupiah saja. Sangat murah sekali jikalau dibandingkan dengan isi yang ada di dalam gedung ini.

Naik kelantai kedua, ruangan di lantai ini lebih kecil dari lantai sebelumnya. Disini pengunjung dapat melihat sejarah usaha Bung Tomo yang menghiasi sebagian besar ruangan ini. Terdapat goresan pena tangan asli Bung Tomo menggunakan pensil dan masih terlihat jelas. Ada juga pisau belati, senapan dan juga radio milik Bung Tomo. Disisi lain terdapat senapan – senapan milik para pejuang dan juga hasil rampasan dari para penjajah yang berhasil disimpan.

Sebagai salah satu kawasan mengenang sejarah usaha rakyat Surabaya, di museum ini disediakan diorama yang mengilustrasikan kejadian 10 November. Diiringi dengan bunyi – bunyi dan juga lampu di dalamnya, membuat museum ini seakan menampilkan kejadian di masa lalu.
Setelah simpulan mengelilingi museum dari lantai satu sampai kelantai – lantai yang lain, pengunjung dapat keluar melalui pintu keluar di lantai atas. Didepan museum sudah berjejer deratan pedagang yang menjajakan souvenir khas Surabaya. Mulai dari gantungan kunci, patung – patungan, serta kaos yang bernuansa kota Surabaya. Sebelum membeli barang disini, sebaiknya pengunjung menawar terlebih dahulu. Karena bisa jadi mendapat barang dengan harga yang murah.

Lokasi museum 10 November

Tidak semua orang tahu letak museum sepuluh november ini. Karena berada di sentra kota dan tertutup oleh gedung – gedung tinggi yang berada disekitarnya. Padahal museum ini sangat penting dalam sejarah kota surabaya. Akan tetapi banyak orang yang melupakannya dan memilih kawasan lain untuk dikunjungi. Tetapi jangan khawatir, disini aku akan berikan alamat lengkapnya semoga tidak nyasar jikalau ingin berkunjung ke kawasan ini
Baca : Taman cukup umur Surabaya - Wisata edukasi murah meriah di Surabaya
Museum 10 november berada di Jl Pahlawan, Surabaya. berada dipusat kota dan bersahabat dengan stasiun pasar Turi, hanya sekitar 5 menit. Dari Tunjungan Plaza sekitar 7 menit saja.

Jam buka Museum

Hari senin – jumat pukul 08.00 – 14.30
Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 13.30

Museum Sepuluh November - Destinasi Wisata Bersejarah di Kota Pahlawan Surabaya Reviewed by gordon on 03.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.