Top Ad unit 728 × 90

Air Terjun Sarasah Banyak Gariang, Wisata Alam Mempesona di Padang – Sumatera Barat

Air Terjun Sarasah Banyak Gariang merupakan salah satu destinasi wisata alam di Padang, Sumatera Barat yang sangat mempesona. Konon katanya dahulu di bak yang berada di bawah jeram ini terdapat banyak ikan gariang, sehingga warga sekitar kemudian menyebut jeram yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter ini sebagai Air Terjun Sarasah Banyak Gariang.

Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

Pesona Air Terjun Sasarah Banyak Gariang

Air terjun Sarasah Banyak Gariang memiliki 7 tingkatan dengan tingkat pertamanya memiliki ketinggian yang berkisar antara 6 meter hingga 8 meter. Masing-masing tingkatan Air Terjun Sarasah Banyak Gariang ini memiliki jalur sendiri-sendiri. Kebanyakan pengunjung tidak menelusuri Air Terjun Banyak Gariang hingga tingkat ketujuh, alasannya medannya cukup sulit dengan tebingnya yang kira-kira lebih dari 50o.
Tak hanya itu, jalanan yang harus dilewati untuk mampu mencapai tingkat ketujuh yaitu jalanan yang berbatu dan licin sehingga membutuhkan konsentrasi ekstra untuk mampu melaluinya. Tidak heran banyak pengunjung yang menghentikan penelusurannya hanya hingga tingkat kedua dan tingkat ketiga saja.
Bukan hanya terdiri dari 7 tingkat saja, keunikan lain dari Air Terjun Sarasah Banyak Gariang ini yaitu air yang turun seolah jatuh dan melewati bebatuan berbentuk ibarat kubus yang seolah disusun dengan rapi layaknya piramida. Tentu ini yaitu bayaran yang pantas Anda dapatkan atas perjalanan yang telah Anda lakukan.

Akses Menuju Lokasi Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya sebetulnya Air Terjun Sarasah Banyak Gariang ini terletak di Padang, Sumatera Barat. Lokasi tepatnya yaitu di Desa Koto Baru, Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh.
Air Terjun Sarasah Banyak Gariang juga terletak di pedalaman hutan Bukit Sarasah yang ada di kaki Bukit Barisan dan hanya berjarak sekitar 2 kilometer saja dari LIK Gadut. Anda mampu mencapai jeram ini dengan menggunakan kendaraan baik roda 2 atau roda 4, dan Anda juga mampu menggunakan kendaraan umum untuk mencapai jeram eksotik satu ini.
Jika Anda memilih menggunakan kendaraan pribadi, Anda mampu mengendarai kendaraan Anda tersebut hanya hingga posko yang berupa rumah penduduk untuk kemudian melanjutkann perjalanan dengan berjalan kaki.
Pun begitu, bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, Anda mampu menggunakan oplet jurusan Padang/ Pasar Raya – Ulu Gadut yang kemudian Anda mampu transit ke oplet kuning dengan jurusan Koto Baru hingga hingga di pemberhentian oplet yang terakhir. Nah, dari sini Anda mampu melanjutkan perjalanan dengan  berjalan kaki.

Tiket Masuk ke Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

Sedangkan tiket masuk yang harus Anda bayarkan agar benar-benar mampu menikmati kecantikan Air Terjun Banyak Gariang hanya Rp 3.000,- per orang, sedangkan untuk biaya parkir motor hanyalah Rp 2.000,- saja per motornya.

Tips Saat Berkunjung ke Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

Berikut ini kami akan membagikan beberapa tips bagi Anda yang hendak mengunjungi Air Terjun Sarasah Banyak Gariang :
  • Sebaiknya jangan berkunjung ke Air Terjun Sarasah Banyak Gariang ketika hujan agar perjalanan Anda tidak terganggu
  • Jangan membawa barang terlalu banyak, alasannya mampu memberatkan dan menyulitkan Anda sendiri
  • Berkunjunglah di hari-hari biasa alasannya kalau Anda berkunjung ketika hari libur, Air Terjun Sarasah Banyak Gariang ramai dikunjungi oleh wisatawan lainnya
Nah, itulah sedikit gambaran mengenai Air Terjun Sarasah Banyak Gariang di Padang, Sumatera Barat. Semoga bermanfaat.

Air Terjun Sarasah Banyak Gariang, Wisata Alam Mempesona di Padang – Sumatera Barat Reviewed by gordon on 07.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Malovanti © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.